Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

5 Bencana Alam Paling Ekstrem di Dunia yang Pernah Tercatat dalam Sejarah

Bencana alam merupakan sebuah hal yang waktu terjadinya di luar kuasa manusia. Namun terkadang bencana tersebut terjadi karena ulah manusia yang tidak menjaga bumi dengan baik. Pada kuartal pertama di tahun 2021 ini, telah terjadi banyak bencana alam di Indonesia maupun dunia.

Namun tahukah kamu ada beberapa bencana alam yang bisa dikatakan cukup ekstrem? Bencana yang dimaksud berikut ini merenggut ratusan ribu korban jiwa dan hanya terjadi sekali dalam sejarah. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait bencana apa saja yang dimaksud, simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1.Tsunami Lituya Bay

descopera.ro

Tsunami merupakan sebuah peristiwa di mana gelombang laut yang menerjang daratan dengan ketinggian puluhan meter. Namun tahukah kamu ada satu bencana tsunami yang paling ekstrem di dunia ini? Bencana tsunami tersebut terjadi di kawasan Lituya Bay, Amerika Serikat pada tahun 1958.

Banyak orang yang menyebut bencana ini sebagai “Mega Tsunami” karena ketinggian mencapai 524 meter. Kamu bisa bayangkan seberapa ngerinya, bukan? Bencana ini tercatat sebagai tsunami paling besar yang pernah terjadi di bumi.

2. Gempa Bumi Valdivia

nationalgeographic.org

Ngomong-ngomong soal gempa bumi, “Gempa Bumi Valdivia” tercatat sebagai yang terkuat. Hal itu dibuktikan dengan kekuatan yang mencapai sekitar 9,5SR berhasil memporak-porandakan wilayah Chile. Gempa yang terjadi pada tahun 1960 ini menyebabkan banyak korban jiwa maupun material.

Tercatat sebanyak 6000 orang meninggal akibat lempeng bumi yang bergerak ini. Yang lebih parahnya lagi ada kejadian pasca gempa, yaitu tsunami. Gelombang besar tersebut menerjang dari kawasan Jepang hingga Hawaii. Bencana ini disebut sebagai “Great Chilean Earthquake” karena kekuatan yang cukup besar.

3. Letusan Gunung Krakatau

science.howstuffworks.com

Kamu pasti tidak asing dengan letusan Gunung Krakatau, bukan? Puncak dari aktivitas Gunung Krakatau ini digadang-gadang sebagai yang paling dahsyat di bumi ini. Letusan yang terjadi pada tahun 1883 ini terasa hingga sampai ke Australia, lho! Kamu bisa bayangkan bagaimana ekstremnya ‘kan?

Selain itu, ada banyak negara di dunia yang juga merasakan dentuman besar akibat aktivitas vulkanik ini. Letusan ini banyak dikenal oleh masyarakat dunia karena ada lukisan yang menggambarkan reaksi seseorang akibat mendengar dentuman berjudul “The Scream”. 

4. Topan Galvestone

npr.org

Amerika Serikat memang terkenal dengan badai yang tiap tahun melanda negaranya. Namun ada satu hasil dari buah badai terkuat yang pernah terjadi, yaitu Topan Galvestone. Topan yang terjadi di Wilayah Galvestone pada tahun 1900 ini berhasil merenggut 800 jiwa.

Banyak yang mengatakan bahwa bencana angin ribut ini adalah paling parah. Topan ini memiliki kecepatan 190 km/jam dengan membawa 2 miliar ton air hujan. Topan Galvestone ini berlangsung selama 24 jam penuh sehingga menyebabkan banyak kerusakan.

5. Banjir Besar Tiongkok 1931

Banjir yang disebabkan oleh luapan Sungai Yangtze ini terjadi pada tahun 1931. Banjir ini bisa dikatakan paling ekstrem karena berhasil merebut kurang lebih 2 juta orang selama bencana berlangsung. Dari total 2 juta korban tersebut di antaranya adalah meninggal karena tenggelam, serta kelaparan sebab tidak ada pasokan makanan.

Menurut badan meteorologi setempat, banjir ini awal mulanya disebabkan oleh kemarau panjang yang melanda Tiongkok pada tahun 1928-1930. Pada akhir tahun 1930, terjadi musim dingin yang cukup ekstrem sehingga bongkahan esnya pun mencair dan membuat sungai meluap.

Itulah kelima bencana alam paling ekstrem yang pernah tercatat dalam sejarah. Sebagai manusia yang bijaksana, kita diharuskan tetap menjaga kestabilan alam untuk meminimalisir terjadinya bencana.