Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

5 Komunitas yang Bergerak Khusus Untuk Melestarikan Budaya Mendongeng di Masyarakat

merahputih.com

Mendongeng merupakan suatu kegiatan yang melibatkan peran orang tua dan anak. Hal tersebut ditujukan agar anak-anak bisa melatih fantasi positif yang ada di pikirannya sehingga dapat mudah untuk berpikir secara lebih kreatif. Namun hal tersebut lambat laun menjadi hilang karena aktivitas itu digantikan oleh teknologi.

Namun untuk mengatasi masalah tersebut, banyak komunitas dongeng yang membantu membuat gairah masyarakat untuk tetap mendongeng kepada anaknya seperti sedia kala. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai komunitas apa saja yang dimaksud, simak pembahasan ini.

1. Ayo Dongeng Indonesia

instagram.com/ayodongeng_ind

Ayo Dongeng Indonesia merupakan salah satu komunitas terbesar yang aktif dalam dunia literasi. Komunitas yang didirikan pada tahun 2011 juga memiliki akun media sosial terverifikasi, lho! Ada sekitar 27 ribu pengikut yang tertarik dengan komunitas literasi ini.

Banyak acara yang telah diselenggarakan oleh komunitas ini baik itu nasional maupun internasional. Dalam menyelenggarakan acaranya komunitas ini biasanya bekerja sama dengan instansi-instansi pemerintahan setempat.

2. Rumah Dongeng Pelangi

instagram.com/rumahdongengpelangi

Rumah Dongeng Pelangi juga merupakan salah satu komunitas literasi yang berfokus pada kelestarian dongeng. Berdiri sejak tahun 2010 membuat komunitas ini bisa dikatakan cukup senior dalam bidangnya.

Hampir sama dengan komunitas dongeng lainnya, Rumah Dongeng Pelangi juga berfokus pada pembentukan pendidikan anak. Komunitas yang bertempat di Jawa Barat ini juga membuka akses untuk bergabung menjadi relawan, lho! Jika kamu mau, langsung kunjungi website resminya, ya!

3. Kampung Dongeng Indonesia

instagram.com/kampungdongeng

Kampung Dongeng Indonesia merupakan sebuah komunitas dongeng yang telah berdiri sejak 2000 silam. Yang membedakan komunitas ini dengan lainnya adalah Kampung Dongeng dalam pelaksanaan acaranya, mereka lebih memilih untuk tour keliling Indonesia.

Hal tersebut selaras dengan misinya yaitu mewujudkan 1000 dongeng untuk anak-anak Indonesia. Telah ada puluhan cabang dari Kampung Dongeng Indonesia yang dapat membantu anak-anak agar bisa melek literasi sejak dini, meskipun hanya sebatas dongeng.

4. Rumah Dongeng Mentari

pestapendidikan.com

Sama seperti komunitas dongeng lainnya, “Rumah Dongeng Mentari” juga memiliki misi untuk mengembangkan minat literasi anak Indoensia melalui hal yang sama. Komunitas ini biasanya melaksanakan acaranya itu di tempat-tempat yang tidak biasa, salah satunya adalah rumah sakit.

Hal tersebut ditujukan agar masyarakat ataupun anak-anak bisa paham bahwa sejatinya Indonesia memiliki banyak cerita dongeng yang cukup menarik. Rumah Dongeng Mentari dalam menjalankan tanggung jawabnya itu dibantu oleh ratusan relawan yang memiliki visi sama.

5. Kumpul Dongeng Surabaya

instagram.com/kumpuldongengsby

Kumpul Dongen Surabaya merupakan sebuah komunitas mendongeng yang didirikan pada tahun 2015. Tujuan utama didirikannya komunitas ini adalah untuk mendorong masyaralat agar tetap melestarikan budaya dongeng di rumah.

Tidak hanya dorongan untuk anak-anak, komu itas ini membantu para orang tua untuk bisa menemukan ide-ide dongeng. Hal tersebut dalat membuat para orang tua bisa lebih kreatif dalam usaha mengembangkan potensi anak melalui dongeng. Komunitas ini biasanya juga turut andil jika ada hari besar seperti Hari Dongeng Indonesia.

Itulah kelima komunitas dongeng yang masih aktif dan membantu masyarakat untuk melestarikan budaya dongeng. Apakah kamu tertarik untuk gabung salah satunya? Jika iya, langsung cek di website resminya masing-masing, ya!