Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

5 Manfaat Kesehatan Ini yang Akan Kamu Dapatkan dari Menonton Bola

Apakah Sobat Peduly suka menonton bola? Berhubung beberapa hari terakhir jagat sepak bola Indonesia diramaikan dengan berbagai permainan apik nan epik dari tim nasional garuda muda, ternyata ada yang perlu diketahui nih dibalik asiknya menonton pertandingan sepak bola. Simak baik-baik yaa kalau ingin tahu lebih lanjut apa aja sih yang kamu dapatkan dari mendukung tim kesayangan mulai dari Juventus, Chelsea, Rela Madrid, hingga Barcelona.

Mengurangi Stres yang Kamu Rasakan

Pastinya alasan kebanyakan orang menonton bola melepaskan rasa penat dengan rutinitas yang ada. Walaupun kamu bisa tambah stres melihat tim kesayangan yang justru kalah tapi kamu tetap paling tidak lega setelah berteriak-teriak mendukung tim kesayangan bertanding. Hal ini sejalan dengan penelitian University of Alabama, yang menjelaskan bahwa menonton bola menjauhkan otak dari gejala stres karena tubuh bereaksi positif dan bersemangat dengan senang.

Mempertajam Konsentrasi dan Ingatan

Nah pada saat menonton bola, meskipun di suatu sisi menjadi sarana hiburan akan tetapi orang cenderung untuk memperhatikan gerak-gerik kedua tim yang bertanding secara intens. Mata akan selalu mencoba megikuti pergerakan bola. Walaupun sedang menikmati makanan misalnya, konsentrasi yang kuat tertuju agar tidak terlewat satu detikpun atas pertandingan  yang berlangsung. Hal ini dikarenakan, apapun dapat terjadi kapanpun di lapangan. Satu menit saja berpaling bisa jadi gawang tim kesayangan malah kebobolan.

Membakar Kalori Tubuh

Kapan sih ada penonton bola yang nggak heboh? Nggak mungkin ada. Karena sudah memfokuskan diri pada pergerakan bola dan para pemain, degup jantung juga akan berpacu ketika pemain tim yang didukung memasuki pertahanan tim lawan. Tidak lama kemudia, akan terdengar antara dua hal: Kecewa dan umpatan-umpatan karena tidak berhasil membuahkan gol atau justru berteriak dan lompat kegirangan karena berhasil mencetak angka. Itu baru kalau sekilas melalui layar televisi, apabila menonton langsung justru lebih seru lagi. Tubuh akan mengikuti suasana untuk terus mendukung dengan teriakan dan yel-yel yang ada. Di Indonesia, kadang berdiri di tribun (bukan VIP-VVIP) itu juga biasa. Pastinya dengan segala gerakan selama pertandingan bukan hanya pemain sepak bola yang berkeringat, namun penontonnya juga! Dengan begitu, secara tidak langsung kalori yang ada di tubuhmu terbakar tanpa disadari.

Sintya Chalifia Azizah
Menulis merupakan langkah untuk merendahkan hati agar tidak bengis, menyisakan kebenaran entah dengan menangis atau meringis, dan secercah wujud kepedulian yang empiris.