Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

5 Negara Ini Disebut Sebagai yang Paling Toleran di Dunia. Apakah Ada Indonesia?

Apa yang kamu ketahui setelah mendengar kata “toleransi”? Menghargai pilihan seseorang atau menjunjung tinggi akan kebebasan? Kedua hal itu sebenarnya tidak salah terkait pengertian toleransi. Intinya adalah toleransi itu merupakan sebuah sikap seseorang yang menghargai adanya perbedaan di dalam lingkungan sosialnya.

Banyak negara yang telah menjunjung tinggi adanya toleransi sehingga masyarakatnya bisa hidup damai. Apakah Indonesia termasuk salah satunya? Jawaban tersebut akan kamu temukan setelah membaca pembahasannya berikut ini.

1. Selandia Baru

theguardian.com

Selandia Baru merupakan sebuah negara yang terletak di wilayah pasifik, bersebelahan dengan Australia. Selandia Baru terkenal dengan kebijakan pengungsinya yang cukup fleksibel dan menguntungkan. Tercatat, Selandia Baru berani menampung 1500 pengungsi, dan jumlah itu akan bertambah setiap tiga tahun sekali.

Meskipun beberapa tahun silam telah terjadi aksi terorisme di sana, namun hal tersebut menjadi satu-satunya peristiwa buruk di Selandia Baru yang berhubungan dengan kebebasan. Hingga kini, masyarakat berbagai macam etnis bisa hidup di sana dengan damai tanpa adanya aksi diskriminatif.

2. Irlandia

pexels.com/gdtography

Negara yang merupakan bagian dari Inggris Raya ini juga memiliki tingkat toleransi tinggi. Yang paling terkenal di sana adalah kebijakannya terhadap orang-orang minoritas secara seksual. Pemerintah setempat membebaskan masyarakatnya terkait orientasi seksual yang dimiliki.

Selain itu, Irlandia juga pernah memiliki keinginan untuk menyatukan benua bersatu. Meskipun terdengar utopia, namun hal tersebut bisa dijadikan landasan mengapa Irlandia sangat menjunjung tinggi adanya perdamaian meskipun di dalam perbedaan.

3. Albania

jsuits.org.uk

Banyak sumber yang mengatakan bahwa negara ini merupakan surganya toleransi antar umat beragama. Di sana umat kristiani dan muslim pun hidup berdampingan tanpa adanya cekcok di antara lainnya. Hal tersebut terbukti ketika Paus Fransiskus mengunjungi Albania di tahun 2014 dan mengatakan bahwa negara itu bisa menjadi pusat pembelajaran terkait toleransi antar umat beragama. Ada satu festival yang membuat kedua agama terbesar di sana menjadi hangat yaitu Hari Air Terberkati.

4. Finlandia

yle.fi

Siapa sih yang gak kenal dengan kedamaian di negara Finlandia? Memiliki tingkat pendidikan terbaik di seluruh dunia membuat negara ini juga berfokus pada adanya keberagaman. Hal itu terbukti pada sikap inklusif yang membuat masyarakat asing bisa merasakan kenyamanan.

Kebebasan akan pendidikan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap negaranya. Tak heran jika banyak pelajar di seluruh dunia yang ingin berbondong-bondong untuk menimba ilmu di sana.

5. Swedia

ourwaytours.com

Sama seperti Selandia Baru, Swedia merupakan salah satu negara yang juga terbuka terhadap para pengungsi. Negara tersebut juga membuka bantuan bagi para korban perang untuk mengungsi di Swedia dengan berbagai macam regulasinya.

Dengan adanya hal tersebut, negara yang terletak di Benua Eropa ini memiliki keragaman agama dan budaya. Hingga kini, tingkat toleransi di Swedia pun relatif tinggi karena masyarakatnya bisa hidup berdampingan tanpa adanya permasalahan.

Bagaimana dengan Indonesia?

Dok. Pribadi

Ngomong-ngomong soal Indonesia, memang negara kita tidak tercantum dalam daftar tersebut. Padahal di negara ini terdiri dari ratusan suku dan etnis sehingga harus bersatu padu. Namun hal itu tidak terealisasi karena kurangnya kepedulyan setiap orang akan perbedaan.

Sebagai milenial yang sadar akan pentingnya toleransi, kamu harus bisa memperjuangkan keadilan sosial di antara sesama. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hak yang sama untuk hidup. Di Indonesia mereka bebas memilih kelima pilihan agama yang cocok menurut hatinya.

Maka dari itu mulai sekarang yuk bangun Indonesia yang lebih baik dengan menjunjung tinggi toleransi.

Sumber:

https://www.immigration.govt.nz/about-us/what-we-do/our-strategies-and-projects/supporting-refugees-and-asylum-seekers/refugee-and-protection-unit/new-zealand-refugee-quota-programme

https://ireland-calling.com/lifestyle/ireland-leading-the-way-regarding-tolerance-and-acceptance/

https://www.google.com/amp/s/www.brookings.edu/research/the-rise-of-sweden-democrats-and-the-end-of-swedish-exceptionalism/%3famp

https://www.google.com/amp/s/www.voaindonesia.com/amp/paus-fransiskus-kunjungi-albania/2457135.html

https://www.weforum.org/agenda/2018/09/10-reasons-why-finlands-education-system-is-the-best-in-the-world