Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baik, Kamu Wajib Melakukan 5 Hal Ini

Tidak bisa dimungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial yang gak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Hal itu membuat setiap orang dituntut untuk senantiasa berbuat baik agar kehidupan sosialnya dapat berjalan sesuai ekspektasi. Salah satu bentuk kebaikan antar sesama yaitu kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik.

Setiap orang pasti memiliki permasalahan hidupnya masing-masing. Untuk meringankan beban tersebut, terkadang bercerita adalah sebuah solusi terbaik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu dapat menangkap cerita dan menunjukkan kepedulyan kepada orang lain dengan baik. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Cobalah untuk tetap fokus terhadap apa yang lawan bicara katakan

source pict: pexels.com/andrea piacquadio

Ketika dia sedang berbicara, luangkanlah waktumu untuk mendengarkannya. Kamu perlu berfokus pada setiap kata yang diucapkannya agar dia merasa dihargai. Kamu juga dilarang untuk bermain handphone jika dia sedang membicarakan semua keluh kesahnya.

Dengan melakukan hal itu, percayalah bahwa dia pasti akan merasakan kenyamanan saat bercerita denganmu. Hubungan pertemananmu pasti akan semakin erat karena sikapmu yang cukup suportif itu.

2. Jangan memberi saran jika dia tidak meminta

source pict: pexels.com/mentatdgt

Satu hal yang gak boleh dilakukan ketika orang lain sedang bercerita adalah memberi sebuah saran. Hal itu pantang dilakukan jika dia memang benar-benar tidak memintanya. Ingatlah bahwa dia itu hanya membutuhkan telinga untuk menampung segala keluh kesah, bukan ribuan saran.

Tetaplah mendengarkan apa yang dia katakan sampai pembicaraan telah usai. Percayalah bahwa dengan melakukan hal itu kamu sudah bisa dikategorikan sebagai orang yang cukup peduly.

3. Responlah ceritanya dengan menunjukkan rasa empati

source pict: pexels.com/pixabay

Ketika mendengarkan cerita orang lain, kamu hanya perlu menunjukkan rasa empati. Cara yang ampuh untuk melakukan hal itu adalah dengan mengulangi setiap perkataannya untuk ditanyakan. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar bisa merasakan apa yang ada di dalam ceritanya.

Cobalah untuk terlihat peduly dengan cara menanyakan perasaannya yang sebenarnya. Hal itu akan membuatnya menjadi nyaman saat sedang bercerita denganmu. Dia pasti akan merasa bahwa kamu bisa benar-benar mendengarkan ceritanya dengan baik.

4. Jangan malah membandingkan nasibmu dengannya

source pict: pexels.com/fauxels

Saat orang lain sedang bercerita, kamu pantang membandingkan nasibmu dengannya. Kamu tidak boleh mengatakan “kamu masih mending, nah aku kemarin malah…………..” karena hal itu sangatlah menyakitkan. Sekali lagi ingatlah bahwa dia hanya membutuhkan tempat untuk bercerita.

Membandingkan nasib hanya akan membuatmu tampak egois. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk fokus pada ceritanya tanpa melihat apa yang terjadi dalam hidupmu.

5. Jangan menghakimi apa yang dia lakukan

source pict: pexels.com/tirachard kumtanom

Ketika mendengarkan sebuah keluh kesah, kebanyakan orang cenderung menghakimi apa yang dilakukan oleh lawan bicara. Padahal hal itu merupakan sesuatu yang sangat wajib untuk dihindari. Meskipun dia salah, terkadang kamu hanya perlu mendengarkannya saja tanpa menghakimi.

Pada saat itu bukanlah waktu yang tepat untuk menunjukkan bahwa dia juga melakukan sebuah kesalahan. Dia pasti sedang dalam keadaan tertekan dan hanya ingin didengarkan. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk berhenti menghakimi saat dia sedang berkeluh kesah.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan agar kamu dapat menjadi seorang pendengar yang baik. Yuk, tunjukkan kepedulyanmu kepada orang lain dengan cara menjadi pendengar yang baik!