Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Anak Berkebutuhan Khusus Juga Suka Bermain, Lho. Ini Dia Jenis Mainan yang Bisa Memaksimalkan Perkembangan Mereka.

Cute little girl with painted hands

Bermain merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh anak-anak, tak terkecuali yang berkebutuhan khusus. Permainan yang sesuai akan membuat anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena pertumbuhan dan perkembangan anak tidak hanya dapat dirangsang dengan asupan makanan dan pola asuh, tetapi bermain juga turut membantu tumbuh kembang mereka.

Menurut para ahli, salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan anak berkebutuhan khusus adalah dengan menerapkan pola permainan. Namun, harus berhati-hati karena tidak semua mainan dan permainan cocok untuk anak berkebutuhan khusus ini. Lalu, apa saja sih permainan yang dapat membantu tumbuh kembang anak dengan kebutuhan khusus?

Puzzle

Menyusun puzzle adalah suatu hal yang menyenangkan. Selain menyenangkan, bermain puzzle merupakan cara mudah untuk melatih fungsi kognitif anak. Bermain puzzle juga dapat membantu otak anak untuk berpikir lebih keras dalam memecahkan suatu masalah dan tidak mudah menyerah. Selain puzzle, bermain balok susun juga bisa merangsang pertumbuhan kreativitas anak. Dengan bermain puzzle dan balok susun, anak akan belajar berpikir secara runtut dan mudah dalam bersosialisasi.

Bermain puzzle dapat melatih anak untuk kreatif dan berpikir secara runtut
Sumber: Google Image/30seconds.com

Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai merupakan cara yang kreatif untuk mengenalkan perbedaan warna dan meningkatkan kreativitas anak. Dengan sering berlatih menggambar dan mewarnai maka anak-anak akan dilatih kemampuan motorik halusnya. Anak-anak memiliki imajinasi yang luas dan luar biasa. Melalui menggambar dan mewarnai, imajinasi dan kreativitas akan tersalurkan dengan baik dan bisa mengekspresikan suasana hati mereka.

Imajinasi dan kreativitas anak dapat dituangkan dengan cara menggambar dan mewarnai
Sumber: Google Image/Days of The Year

Boneka atau Bantal yang Lembut

Anak dengan autisme mungkin harus berjuang untuk menyenangkan diri ketika merasa tidak nyaman. Dengan memeluk boneka dengan bulu yang lembut dan empuk bisa menemani dan membantu mengendalikan emosi anak saat terjadi tantrum. Hal ini dikarenakan anak yang mengidap autisme memiliki indra peraba yang sangat peka. Boneka yang dipilih sebaiknya dengan bentuk yang lucu dan sesuai dengan kebutuhan anak.

Boneka yang lucu dengan bulu yang lembut dapat menemani anak dengan autisme
Sumber: Google Image/AliExpress

Buku Touch and Feel

Hampir seluruh anak-anak pasti menyukai ketika mendengar cerita maupun membaca buku cerita. Hal ini tentu cara yang baik untuk melatih kemampuan berbahasa dan bersosialisasi. Untuk anak yang berkebutuhan khusus, memilih buku touch and feel lebih disarankan. Buku jenis ini memungkinkan anak melihat gambar sekaligus merasakan tekstur bahan yang digunakan seperti kulit beruang, bulu ayam, rumput, dan lain sebagainya.

Buku ‘touch and feel’ dapat membantu melatih kemampuan sensorik anak
Sumber: Google Image/Amazon.com

Mainan Dorong

Mainan dorong bisa membantu perkembangan anak-anak dengan down syndrome. Mereka biasanya mengalami tahapan tumbuh kembang yang lambat karena keterbatasan kerja otot untuk mendukung kemampuan motoriknya. Mainan jenis ini dapat membantu melatih keseimbangan anak dan kemampuan ketika anak mulai belajar berjalan. Mainan dorong yang dilengkapi dengan musik, lampu-lampu lucu, dan bola-bola kecil yang dimasukkan ke dalam lubang. Dengan mainan dorong yang dilengkapi fitur-fitur tersebut dapat menstimulasi organ pendengara, penglihatan, serta melatih kemampuan berpikir sebab akibat.

Itulah beberapa mainan yang cocok untuk dimainkan oleh anak-anak dengan kebutuhan khusus. Bagi kamu yang ingin menghadiahkan sesuatu kepada keluarga atau anak-anak lain penyandang disabilitas bisa nih belikan salah satu dari alat-alat permainan tersebut. Atau untuk Ibu-Ibu diluar sana yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, bisa banget menstimulasi tumbuh kembang mereka dengan mainan-mainan yang sudah disebutkan.

Salah satu contoh mainan dorong yang dapat melatih anak ketika belajar berjalan
Sumber: Google Image/Lazada

Sumber: mommiesdaily.com dan nova-grid-id.

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.