Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Baik Flora Maupun Fauna, 5 Spesies Langka Ini Diambang Kepunahan

Tidak sedikit spesies baik hewan maupun tumbuhan yang mengalam kepunahan di dunia ini. Hal itu biasanya disebabkan oleh perburuan secara membabi buta dan tidak adanya upaya konservasi untuk menyelamatkannya.

Ada beberapa spesies hampir punah yang keberadaannya wanib kita jaga. Hal tersebut diharuskan karena demi terjaganya eksosistem sehingga anak cucu kita bisa melihat keindahan dari spesies tersebut. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai spesies apa yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Vaquita

wildfor.life

Hewan yang berbentuk seperti lumba-lumba ini hanya tersisa beberapa ekor di laut lepas. Vaquita merupakan lumba-lumba kecil yang hidup di perairan meksiko dan sekitarnya. Menurut organisasi yang dibuat khusus untuk meneliti vaquita (CIRVA), menyebutkan bahwa hewan ini hanya tersisa 6-22 ekor saja di alam bebas. Bisa dibayangkan bagaimana pilunya, bukan?

2. Gorilla Sungai Salib

ms.ekolss.com

Menurut situs IUCN Red List, hewan ini hanya tersisa 100-200 ekor saja di dunia. Primata yang hidup di kawasan Nigeria ini terus mengalami penurunan larena banyaknya praktik alih lahan. Hal tersebut membuat Gorilla Sungai Salib ini jarang diketahui keberadaannya karena eksosistemnya yang sudah rusak.

3. Black Rhino

whiteoakwildlife.com

Badak Hitam merupakan hewan yang berada di kategori “hampir punah” dalam daftar IUCN Redlist. Hewan yang hidup di kawasan Afrika ini bisa dikatakan sudah punah di beberapa negara. Diperkirakan ada 5000 ekor yang tersisa di dunia ini. Hal tersebut disebabkan oleh pemburu yang berusaha untuk merebut culanya.

4. Venda Cycad

britannica.com

Tanaman yang hampir mirip dengan “Bunga Gelombang Cinta” ini menurut IUCN Redlist juga dikategorikan hampir punah. Tumbuhan yang banyak ditemukan di kawasan Afrika ini biasanya hidup pada ketinggian 800-100 mdpl. Kerentanan tumbuhan ini sebenarnya belum diketahui karena lokasi tumbuhnya yang berada jauh di pedalaman hutan.

5. Izecksohn’s Tree Frog

iucnredlist.org

Dalam website resmi IUCN Redlist, hewan amfibi ini dikategorikan sebagai “Critically Endangered”. Seiring berjalannya waktu, Izecksohn’s Tree Frog terus mengalami penurunan. Hewan ini berasal dari Brazil, tepatnya di kawasan Sao Paolo. Penyebab utama dari terancam punahnya hewan ini adalah karena alih guna lahan dan beberapa ulah manusia sehingg ekosistemnya pun menjadi rusak.

Itulah kelima spesies di dunia yang dikategorikan hampir punah. Dari kelimanya kita bisa belajar bahwa sebagian besar penyebabnya adalah ulah manusia. Jagalah kelestarian alam karena mereka memiliki hak untuk hidup, layaknya kita sebagai manusia