Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Cara Ajak Banyak Anak Muda untuk Berdonasi

Saat ini, generasi muda adalah pemilik usia produktif dan populasi manusia terbanyak. Generasi muda tumbuh dengan keinginan kuat untuk membuat dampak positif bagi dunia. Mereka tak segan dan mau memberi untuk tujuan yang sangat mereka pedulikan. Hal tersebut membuat mereka aktif dalam hal pengumpulan donasi, pemberian amal, kegiatan sosial, volunteering, dan lainnya.

Berikut 5 kiat bagi organisasi penggalangan dana untuk menarik minat generasi muda dan membuat mereka berkemauan untuk medukung penggalangan danamu!

  1. Dekat dan Masuki Dunia Mereka

Temui mereka di mana mereka berada. Sebelum mendekatkan diri, kamu harus tahu bagaimana dan di mana zona nyaman mereka. Menurut penelitian, anak muda saat ini menghabiskan sekitar 230 menit/hari di internet. Jadi, jika kita membicarakan cara mendekatkan diri dengan anak-anak muda zaman sekarang, tentu saja kamu dapat menemui mereka melalui media sosial. 

Fokuskan penggalangan dana pada platform media sosial agar tidak hanya meminta donasi, tetapi juga sebagai cara untuk membangun hubungan emosional dengan audiens. Semakin banyak sarana yang dapat digunakan oleh kaum milenial untuk berdonasi, mereka akan semakin menghargai kenyamanan dan mungkin cenderung untuk memberi. 

  1. Selenggarakan Event Unik

Salah satu cara praktis untuk menarik perhatian anak-anak muda adalah membuat event atau campaign dengan tema yang unik dan berbeda dengan pada umumnya. Cara mempromosikan acara tersebut, mungkin kamu dapat memanfaatkan influencer dari kalangan generasi muda di Instagram atau TikTok untuk mendukung kampanye penggalangan dana ini. Pastikan kegiatan ini seru dan menyenangkan. Contoh ide acara yang cocok untuk generasi muda, misalnya Color Run. 

  1. Buat Mereka Peduli

Penelitian menyimpulkan bahwa anak muda biasanya menaruh perhatian terhadap sesuatu hanya sekitar 8 detik, maka dari itu kamu harus menggunakan strategi konten yang efektif untuk menggaet anak muda dengan cepat. Kenalkan dan buat mereka sadar akan adanya organisasi atau penggalangan danamu melalui media sosial. Mungkin kamu dapat menarik perhatian kaum milenial melalui video pendek dengan grafis yang lucu. Ciptakanlah hubungan emosional secara perlahan daripada hanya membombardir mereka dengan permintaan donasi langsung. 

  1. Bersikap Transparan

Satu hal yang sangat dihargai oleh kaum muda adalah transparansi. Mereka adalah generasi yang sangat dermawan dan suka memberi, sehingga pastikan mereka mengetahui ke mana perginya donasi mereka. Dengan bersikap transparan mengenai donasi, kamu akan membangun kepercayaan yang lebih dengan mereka.

  1. Buatlah Mereka Merasa Terlibat

Kaum milenial cenderung lebih sering memberi walaupun dalam jumlah kecil, untuk lebih banyak tujuan, sehingga buatlah mereka merasa terlibat dan dihargai atas kebaikannya. Semua orang senang diakui, tak terkecuali para anak muda zaman sekarang. Dengan mengucapkan salam terima kasih kepada mereka yang telah berdonasi secara pribadi, maka akan membuat mereka diakui.