Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Difabel Juga Manusia, Mari Kita Bantu Bersama !

Semua manusia hakikatnya mempunyai kedudukan sama terlepas dari suku, budaya, agama dan bahasa yang beraneka ragam. Keanekaragaman tersebut juga termasuk penyandang difabel yang diberikan rahmat dan keunikan khusus oleh Tuhan yang maha esa. Penyandang difabel punya kedudukan sama dengan manusia yang terlahir normal terlepas dari kekurangan yang mereka punya. Sebagai kaum difabel, mereka butuh bantuan untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan baik. Artikel ini akan membahas berbagai macam cara untuk membantu kaum difabel agar mampu menjalani kehidupannya dengan bahagia. Yuk kita simak!

1.Beri Mereka Motivasi

Mari berikan dukungan kepada kaum difabel agar mereka lebih bahagia !

Mayoritas kaum difabel mempunyai perasaan minder dan tidak percaya diri untuk bersosialisasi kepada sesama akibat kekurangan mereka. Hal ini dapat mempengaruhi psikis kaum difabel dan berdampak pada kehidupan sosialnya yang akan sedikit tertutup akibat kurang bersosialisasi. Pemberian motivasi akan sangat membantu kaum difabel untuk berpikir positif dan percaya diri untuk bertemu dan bersosisalisasi terhadap sesama. Semakin banyak support dan motivasi yang masuk pasti akan membuat mereka lebih bahagia dan tidak merasa dikucilkan dalam hidupnya.

2. Fasilitas Yang Nyaman

Berikan fasilitas kepada kaum difabel agar nyaman dalam menjalani kehidupan sehari – harinya.

Fasilitas sangat penting bagi kaum difabel. Dengan kekurangan yang mereka punya, mereka pasti membutuhkan fasilitas khusus untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan nyaman. Contohnya adalah fasilitas kursi roda bagi kaum difabel yang kesulitan untuk berjalan. Buku yang menggunakan huruf braille agar pengidap tuna netra bisa membaca. Hingga alat bantu dengar agar pengidap tuna rungu tidak kesulitan untuk mendengar sesuatu.

3. Cari Minat dan Bakat Mereka

Temukan hobi mereka, dan dukung sepenuhnya !

Setiap manusia pasti memiliki kegemaran masing-masing, tak terkecuali kaum difabel. Bantu mereka untuk menemukan minat dan bakat nya. Dukung dan fasilitasi mereka agar dapat menjalankan hobi nya dengan baik dan bahagia. Pada era saat ini banyak kaum difabel yang berprestasi sesuai dengan hobi yang mereka punya. Contohnya adalah Stevie Wonder yang menjadi penyanyi solo terkenal ditengah keterbatasanya dalam melihat. Hingga Stephen Hawking yang menjadi ilmuwan terkenal dibalik penyakit amyotropic lateral sclerosis yang diidapnya.

4. Kaum Difabel Juga Berhak Mempunyai Pekerjaan

Pengidap dwarfism masih punya kesempatan untuk bekerja.

Kaum difabel juga berhak mempunyai lapangan pekerjaan. Indonesia sudah mulai memperkerjakan kaum difabel baik di bawah naungan pemerintah maupun perusahaan swasta. Contohnya adalah pemberian kuota 2% untuk penerimaan kaum difabel untuk bekerja sebagai PNS. Selain itu ada perusahaan yogurt Cimory memperkerjakan puluhan difabel yang mempunyai penyakit dwarfism atau pertumbuhan tulang yang lebih pendek dibanding manusia normal sebagai karyawan disalah satu tempat wisata mereka di Semarang.

5. Ajak Mereka Bergabung di Komunitas Difabel

Ajak mereka bertemu teman yang mempunyai kebutuhan khusus yang sama.

Dengan diajaknya mereka berbaur dengan teman yang mempunyai keterbatasan yang sama maka dapat menjadi suntikan semangat bahwa mereka tidak sendirian. Banyak orang yang senasib dan berjuang bersama mereka. Mereka dapat bersosialisasi dengan baik agar percaya diri dan tidak minder dalam bertemu dengan orang lain.

Dengan membantu para kaum difabel kita juga dapat merasakan imbas positifnya yaitu rasa syukur yang berlebih kepada Tuhan yang maha esa. Selain itu kita dapat memperoleh banyak pahala dengan membantu sesama. Mari kita terus sebarkan energi positif didalam hidup kita, Semangat!

Viky Pria Harmoni Suseno
Content Writer For Peduly.com #KitaPeduli