Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Gimana Sih Cara Milenial dan Gen Z Saat Berdonasi?

Generasi Y atau yang akrab disebut sebagai Milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996 sehingga pada 2022 berusia 26 hingga 41 tahun. Generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012 sehingga pada 2022 diperkirakan berusia 10 hingga 24 tahun. 

Keduanya memiliki perbedaan usia dan lingkungan tentu menyebabkan adanya perbedaan Milenial dan Gen Z dalam bersikap. Organisasi amal sebaiknya dapat memahami dan beradaptasi dengan cara yang telah berubah terkait pemberian amal ini.

Yuk, lihat cara kedua generasi ini dalam berdonasi!

  1. Memberi Secara Langsung vs Secara Digital

Generasi Milenial cenderung memberi kepada orang-orang di sekitarnya, sedangkan Gen Z lebih memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, terutama dalam berdonasi.

  1. Berhati-hati dalam Beramal

Keduanya sangat berhati-hati dalam berdonasi. Mereka cenderung memilih badan amal yang memiliki reputasi baik dan terpercaya, namun Generasi Z lebih sulit mempercayai perusahaan dibandingkan Generasi Milenial. 

  1. Pendekatan Secara Langsung vs Melalui Media Sosial

Mereka dijangkau dengan cara masing-masing yang berbeda. Gen Z menghabiskan sebagian besar waktunya dalam media sosial, sedangkan Milenial lebih nyaman dalam komunitas mereka sendiri.

Usia kedua generasi ini tidak jauh berbeda, mereka sama-sama masih muda. Namun, tentu saja generasi milenial dan generasi Z memiliki sifatnya masing-masing. Maka dari itu, organisasi amal harus mengadaptasikan dirinya kepada masing-masing generasi ini. Tetaplah semangat.