Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Jaga Kesehatan Alat Pernapasanmu Dengan Cara Berikut Ini!

Organ pernapasan adalah salah satu organ terpenting di tubuh kita. Organ pernapasan berguna untuk menunjang aktivitas bernapas yang selalu dilakukan manusia. Apabila organ pernapasan tidak berjalan normal dan mengalami disfungi, maka manusia yang bersangkutan akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Untuk itu, kita perlu menjaga alat pernapasan agar selalu berfungsi dengan baik. Kemon, simak ulasan berikut ini!

Menjaga Udara Agar Tetap Bersih

Udara yang bersih dan terbebas dari polusi sangat memengaruhi kesehatan. Udara bersih tidak akan memberatkan usaha paru-paru untuk menyaring udara yang masuk, jadi kinerja paru-paru kita akan ringan dan bisa selalu sehat. Cara mendapatkan udara yang bersih salah satunya adalah memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan. Fungsi dari ventilasi udara ini akan menjadi sarana pertukaran udara yang masuk dan keluar sehingga meningkatkan kualitas udara yang kita hirup.

Ventilasi udara yang memadai akan menjadi solusi menghasilkan udara yang bersih dan sehat
Sumber: Pexels.com

Makan Sayur dan Buah

Kenapa sih makan sayur dan buah bisa meningkatkan kesehatan paru-paru? Karena buah dan sayur mengandung banyak antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat membuat jaringan tubuh menjadi rusak. Sayur dan buah seperti apel, tomat, jeruk, brokoli, dan aneka berry bisa menangkis radikal bebas yang dapat memicu radang paru-paru.

Makan buah dan sayur bisa meningkatkan kesehatanmu
Sumber: Pexels.com

Istirahat yang Cukup

Dengan tidur di malam hari, organ tubuh akan beristirahat. Istirahat yang cukup sangat penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Tubuh akan mengembalikan dan merehabilitasi kerja semua sel-sel tubuh ketika sedang tidur. Tubuh juga akan menghasilkan jaringan sel-sel kekebalan tubuh. Hal ini juga termasuk paru-paru dan organ pernapasan lainnya juga akan menjadi sehat.

Istirahat yang cukup akan meningkatkan kekebalan tubuh
Sumber: Pexels.com

Hindari Rokok

Untuk kalian yang merokok, coba pikirkan ulang untuk mengurangi atau bahkan berhenti merokok. Di dalam satu batang rokok terdapat banyak sekali toksin yang dapat merusak fungsi organ tubuh. Kalau kalian adalah perokok pasif, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok. Perokok pasif juga memiliki ancaman yang besar untuk terserang berbagai penyakit termasuk organ pernapasan.

Hindari merokok atau paparan asap rokok untuk kesehatan paru-paru
Sumber: Pexels.com

Siap Sedia Masker

Ketika kalian mengendarai motor atau sedang berada diluar ruangan yang banyak terpapar asap dan debu, usahakan memakai masker untuk melindungi hidung dari paparan debu. Dengan memakai masker, maka udara kotor akan tersaring dan hidungmu akan menerima udara yang lebih bersih.

Usahakan untuk selalu memakai masker untuk menyaring udara
Sumber: Google Image

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga organ pernapasan. Nah, mulai sekarang yuk budayakan hidup sehat agar tubuh tetap bugar.  

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.