Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Harta Berlimpah Tidak Selalu Membuat Seseorang Lupa Diri. 7 Miliarder Kaya Raya Nan Dermawan Ini Hobi Berdonasi. Patut Kamu Contoh.

Bergelimang harta tak membuat orang ini lupa berbagi dengan sesama

Memberi kepada orang lain bukan berarti mengurangi harta yang kamu miliki, lho. Uang maupun benda-benda yang kamu berikan kepada orang lain tidak akan membuat kamu rugi, justru kalau kamu ikhlas memberi maka kamu akan mendapat balasan yang setimpal. Ini artinya, bisa jadi kamu malah mendapat rezeki berlipat karena kebaikan yang kamu lakukan.

Seperti kisah filantropi berikut ini, mereka sepertinya mempunyai hobi untuk berdonasi. Mereka ini rajin memberi tetapi itu tidak membuat kekayaan berkurang. Kekayaan mereka semakin bertambah, mungkin hal ini disebabkan sikap mereka yang dermawan. Inilah para orang kaya yang uangnya tidak habis selama 7 turunan yang gemar donasi.

Tak melulu berbelanja untuk dirinya sendiri, para filantropi ini gemar membelanjakan uangnya untuk membantu orang lain

1. Mark Zuckerberg

Diantara kalian pasti ada yang hobi banget main facebook. Buat kalian yang suka facebook-an pasti kalian sudah tahu siapa Mark Zuckerberg ini. Ya, Ia adalah pemilik perusahaan facebook. Sebagai bos facebook, pasti kekayaan yang Ia miliki tidak terhingga jumlahnya.

Kekayaan yang dimilikinya ini tidak hanya dipakai untuk dirinya saja, melainkan Zuckerberg ini dikenal sebagai orang yang paling dermawan. Pria yang kerap kali diketahui suka berpenampilan sederhana ini mendirikan badan amal yang dinamakan Chan Zuckerberg Foundation dan ia menyumbang sebesar US$1,9 miliar. Angka yang fantastis!

Kekayaan berlimpah yang dimiliki Mark Zuckerberg ini tak menjadikan ia lupa untuk berbagi kepada sesama

2. Bill Gates

Orang kaya yang satu ini juga tidak kalah dengan Mark Zuckerberg. Bos besar Microsoft ini terkenal memang suka berdonasi. Tak tanggung-tanggung, Ia telah mengeluarkan uang sejumlah US$27 miliar untuk donasi.

Sebagai bukti kecintaannya pada kegiatan amal, Bill Gates dan istrinya mendirikan sebuah yayasan sosial yang bernama Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan sosial ini memberikan dana untuk kebutuhan berbagai sektor yaitu pembangunan, perpustakaan, kemiskinan, pendidikan, sampai pertanian.

Hidup bergelimang harta membuat Bill Gates mencintai kegiatan donasi

3. Sara Blakely

Sara Blakely merupakan seorang pendiri Spanx yang bergabung dalam Giving Pledge atau ikrar memberi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik terutama bagi para perempuan. Awal mula ia membuat program bernama Leg-Up, yaitu suatu program yang memberikan kesempatan kepada para perempuan yang memiliki usaha untuk menawarkan fitur produknya secara gratis dalam katalog Spanx.

Tidak hanya itu, Blakely juga membantu para perempuan dalam biaya perguruan tinggi, program kewirausahaan, dan sekolah perempuan. Uang yang ia donasikan dapat dikatakan sangat besar yaitu mencapai US$1 juta atau Rp13,61 miliar. Uang ini disumbangkan untuk sekolah perempuan milik Oprah Winfrey di Afrika Selatan.

Perempuan cantik nan kaya raya ini ternyata suka mendonasikan kekayaannya bagi kesejahteraan perempuan lain. Hebat!

4. Michael Bloomberg

Mantan walikota New York City selama 3 periode berturut-turut yang sekaligus adalah pengusaha dengan kekayaan tinggi ini adalah orang yang tak takut kehabisan kekayaan karena donasi. Dengan pekerjaan dan usaha yang didirikannya ini menjadikan ia memiliki banyak sekali harta benda.

Pemilik dari perusahaan media Bloomberg LP ini ternyata menyumbangkan 12 persen kekayaannya yaitu sebesar USD 6 miliar atau setara dengan 84,4 triliun. Ia juga menyumbangkan uang kepada almamaternya, Universitas Johns Hopkins dengan jumlah USD 1,8 atau sekitar 25,3 triliun.

Kacang tak lupa kulitnya, pria ini menyumbangkan kekayaan yang dimilikinya untuk almamater tercinta

5. Warrent Buffet

Super kaya raya! Warrent Buffet yang terkenal dengan hidupnya yang sederhana ternyata menyumbangkan hampir setengah dari kekayaannya. Harta yang ia donasikan mencapai USD 46,6 miliar ayau dalam rupiah yaitu Rp656,3 triliun. Jumlah yang fantastis bukan?

Buffet tak mau berbuat baik seorang diri, ia berinisiatif mengajak para miliarder untuk turut serta menyumbangkan kekayaannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Inisiatif Buffett ini tercermin dalam Giving Pledge yang berdiri pada tahun 2010.

Selain berdonasi dengan jumlah besar, Buffet juga mendirikan The Giving Pledge yang bertujuan mengajak para miliarder untuk berdonasi.

6. Tahir

Pengusaha yang memiliki Mayapada Group ini sangat gemar dalam memberikan donasi. Bisnis yang ia rintis dari bawah menjadikannya merasakan asam garam kehidupan. Hal inilah yang menjadi pemicu bagi Tahir untuk rajin beramal. Tahir mendirikan Tahir Foundation untuk menyalurkan bantuan kepada orang yang tidak mampu.

Ia memberikan kekayaannya sebesar US$ 2,2 juta atau setara Rp31 miliar untuk membantu Suriah. Selain memberi dana berupa uang, Tahir juga membangun panel surya di sekolah yang berada di Suriah dan membantu para pengungsi dengan menyumbangkan dana sebesar US$ 1 juta atau Rp14 miliar.

Merintis usaha dari bawah hingga sukses besar, menjadikan Tahir senang membantu orang lain

7. Budi Hartono

Bos Djarum dan pemegang saham BCA ini menjadikan Budi Hartono memiliki kekayaan yang kalau dibelikan bakso, bisa-bisa seluruh dunia banjir kuah bakso. Saking banyaknya harta yang ia miliki tidak menjadikannya tinggi hati, ia malah rendah hati dan suka membantu orang yang kekurangan.

Ia mendirikan Djarum Foundation agar masyarakat bisa merasakan bantuan darinya. Dana yang terhimpun di Djarum Foundation ini salah satunya digunakan untuk beasiswa yang diterima 9.000 mahasiswa yang tersebar di 100 perguruan tinggi.

Hidup bergelimang harta membuat Budi Hartono makin semangat dalam berdonasi.

Itulah 7 orang dengan kekayaan melimpah ruah yang doyan berdonasi. Bagi kamu yang juga punya harta benda berlebih, jangan lupa sisihkan sebagian untuk membantu sesama. Dan bagi kamu yang tidak kaya-kaya amat, jangan ragu untuk berbagi. Donasi tidak hanya dilakukan oleh orang kaya saja lho, siapapun bisa dan boleh berdonasi. Kamu yang sedang ingin berdonasi, silakan donasikan uang kamu di peduly.com yang merupakan situs galang dana online terpercaya. Kamu bisa berdonasi mulai dari Rp10.000. Uang donasi dari kamu akan diberikan kepada saudara kita yang membutuhkan. Tunggu apa lagi, ayo donasi sekarang juga!

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.