Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Manfaat Jadwalkan Tidur Siang untuk Menjaga Kesehatan

Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk melepas peluh dan penat sejenak di siang hari. Terlepas dari anak-anak maupun orang dewasa, tidur siang menjadi hal yang diidam-idamkan setiap harinya. Setelah makan siang hingga melalui rutinitas yang penuh kesibukan seolah memicu hati untuk memerintahkan otak agar beristirahat walau hanya sebentar saja. Nah, pada dasarnya tidur siang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kita loh… Yuk, simak ulasan berikut agar kamu lebih paham! Tapi, jangan sampai keterusan yaa..

Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

Tidur siang pada waktu yang tepat dan berkualitas nyatanya dapat boost your mood atau meningkatkan suasana hati. Pernahkah kamu merasa sudah cukup dipusingkan dengan aktivitas yang kamu lakukan sebelumnya dan karenanya kamu memutuskan untuk tidur? Tentu tidak menjadi rahasia lagi bahwa sebangunnya dari tidur siang, pikiran dan badan menjadi lebih segar dan enak.

Sarana Relaksasi dan Mengurangi Kelelahan

Beberapa orang berpendapat bahwa tidur siang menjadi momen untuk mengisi ulang tenaga dan menyegarkan pikiran yang sebelumnya sudah tertekan dan tidak karuan. Hal ini sejalan dengan opini yang pernah dituliskan CEO the Energy Project, Tony Schwartz, bahwa tidur siang menjadi titik poin pembaharuan untuk mulai menyelesaikan pekerjaan selanjutnya. Tidur siang juga mengurangi rasa kelelahan tubuh.

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, tentu dengan tubuh yang bugar kembali seseorang menjadi lebih fokus untuk mengerjakan aktivitas setelahnya. Tentunya hal ini juga bagus untuk anak-anak. Hal ini pernah diamati dalam sebuah penelitian yang dilakukan NUS Medical School (Singapura) dengan mengamati perbedaan hasil pembelajaran dari anak-anak yang melakukan tidur siang dan tidak. Hasilnya menunjukkan bawah anak-anak dengan jeda waktu tidur siang memiliki skor terbaik. Mengagumkan, bukan?

Baik bagi Tekanan Darah dan Jantung

Peneliti Rumah Sakit Asklepieion (Voula, Yunani) mendapatkan fakta bahwa saat tidur, terjadi penurunann pada tekanan darah sistolik hingga rata-rata mencapai 3 mmHg. Kemudian angka ini meningkat ketika tidur siang dengan mencapai 5 mmHg. Tekanan darah yang normal tentu baik pula untuk jesehtaan jantung, karena ini menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Sintya Chalifia Azizah
Menulis merupakan langkah untuk merendahkan hati agar tidak bengis, menyisakan kebenaran entah dengan menangis atau meringis, dan secercah wujud kepedulian yang empiris.