Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Selagi Masih Bernapas, Lakukan Hal ini untuk Mencegah Serangan Jantung

Publik dikejutkan dengan meninggalnya Ashraf Sinclair—artis kenamaan tanah air dan suami dari Bunga Citra Lestari—pada 18 Februari 2020. Hal tersebut mengundang banyak simpati mengingat usia Ashraf terbilang masih cukup muda, yakni 40 tahun. Ya, serangan jantung memang tak kenal siapa, usia berapa, dan dimana. Serangan jantung sampai saat ini masih menjadi momok bagi sebagian orang karena datangnya yang tiba-tiba. Namun, bukan berarti serangan jantung tidak dapat dicegah. Berikut empat hal yang dapat diterapkan untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung!

Rajinlah Bergerak Berolahraga

Ketika sedang melakukan berolahraga, dapatkah kamu merasakan jantung yang berdegup lebih kencang? Olahraga memang meningkatkan detak jantung untuk sementara, namun hal inilah yang menjaga dan memperkuat  jantungmu agar senantiasa sehat selalu. Maka sempatkan paing tidak 30 menit dari 24 jam waktumu untuk berolahraga walaupun itu ringan seperti jogging, senam, maupun bersepeda. Jangan terburu mengejar kerja, karena tak ada yang lebih berharga dari sebuah nyawa!

Hindari Obesitas

Jangan menganggap enteng kondiis tubuh yang dalam keadaan obesitas. Hal ini tidak lepas dari risiko serangan jantung yang semakin tinggi pada orang-orang yang obesitas. Kondisi tubuh dengan berat badan yang sangat berlebihan di sisi lain menunjukkan bagaimana pola hidup tidak sehat yang dijalani. Salah satunya akan tampak kecenderungan seseorang yang jarang berolahraga dan pola makan tidak terjaga. Obesitas juga dapat diikuti dengan munculnya penyakit berbahaya lain seperti diabetes, kolesterol tinggi, hingga tekanan darah yang dapat mencapai ambang batas bahaya. Yuk, mulai sekarang mulai perbanyak bergerak dan diet sehat untuk mencintai tubuh dan orang-orang yang menyayangimu!

Mulai Terapkan Pola Makan Sehat

Jangan terpaku pada kenikmatan makanan cepat saji. Begitu pula dengan jenis makanan lain  yang terasa enak namun ternyata tinggi gula, garam, dan karbohidrat. Usahakan bahwa tubuh selalu memperoleh nutrisi yang cukup. Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain bermanfaat, hal ini juga mengurangi risiko serangan jantung. Ingat, walaupun anda memiliki riwayat penyakit jantung tertentu, semua risiko dapat diminalisir dengan mengembangkan pola dan gaya hidup sehat.

Hindari Stres Berlebihan

Kesibukan dan rutinitas memang penuh tekanan dan tidak jarang memunculkan stres daam hidup. Temukan cara untuk mengelola stres ini, baik berhenti sejenak dan mengatur napas atau melalui meditasi sebentar. Tingkat stres yang tinggi bukan hanya membebani pikiran namun juga membuat otot-otot menjadi tegang dan mampu meningkatkan tekanan darah. Tentunya, hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan jantungmu.

Sintya Chalifia Azizah
Menulis merupakan langkah untuk merendahkan hati agar tidak bengis, menyisakan kebenaran entah dengan menangis atau meringis, dan secercah wujud kepedulian yang empiris.