Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Selain Uang, Kalian Bisa Membantu Panti Lansia/Panti Jompo Dengan Barang-Barang Ini!

Panti untuk lansia atau panti jompo adalah suatu pondok yang dikhususkan untuk dihuni oleh orang yang sudah berusia senja atau yang sudah tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Berbagai alasan mengapa para lansia tinggal di panti antara lain adalah karena keputusan anak yang menitipkan orang tuanya karena kesibukan, keinginan sendiri, atau bahkan ditelantarkan oleh anak/keluarga dijalanan atau ditempat yang tidak aman.

Kalian pasti berpikir bahwa membantu panti lansia akan lebih baik berupa uang, selain praktis, uang juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan para penerima donasi. Tapi tidak ada salahnya juga kan kalau kalian ingin membantu berupa barang-barang keperluan sehari-hari. Kalau kalian ingin membantu panti lansia atau panti jompo, barang-barang keperluan ini bisa menjadi alternatif selain uang tunai.

Bahan Makanan

Yups, bahan makanan memang kebutuhan primer dan tidak mungkin ditinggalkan oleh siapapun makhluk di bumi ini. Tak terkecuali lansia, jelas mereka membutuhkan bahan makanan yang layak dan bisa menunjang kesehatan mereka. Kalian bisa mencari bahan makanan yang tahan lama dan bergizi untuk mereka. Bahan makanan yang bisa kalian sumbangkan antara lain beras, minyak, telur, mentega, bubur instan, dan lain sebagainya.

Dengan menyumbang berupa makanan, kamu bisa mengurangi beban panti untuk membeli kebutuhan konsumsi. Selain itu, kamu telah membantu para pengurus panti untuk menyediakan stok makanan. Jadi, pengurus panti tidak perlu repot-repot membeli bahan makanan dan tenaganya bisa dialihkan ke pekerjaan lain. Jangan menyumbang makanan yang sekiranya kurang baik untuk kesehatan para lansia ya. Contohnya seperti mie instan, minuman bersoda, dan jenis makanan lain yang bisa membahayakan lansia.

Bahan makanan adalah solusi donasi mudah untuk ke panti lansia
Sumber: Pexels.com

Selimut

Barang perlengkapan yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk membantu panti lansia. Biasanya, ketahanan tubuh yang rendah karena usia senja menjadikan mereka kurang tahan terhadap suhu panas atau dingin yang berlebih. Sebagai solusinya, kalian bisa membelikan selimut untuk para lansia. Selain selimut, kalian juga bisa menyumbang barang lainnya yang berhubungan dengan kenyamanan fasilitas tidur, seperti bantal, guling, dan sprei.

Lansia yang memiliki kualitas tidur yang baik dan nyaman akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental para lansia. Nah, kalian bisa berkontribusi meningkatkan kualitas hidup lansia dengan cara membantu menyediakan fasilitas tidur yang nyaman. Karena memang terkadang ada panti lansia yang kurang menyediakan fasilitas tidur yang nyaman, seperti kurangnya jumlah bantal dan selimut, atau bahkan kondisi tempat dan perlengkapan tidur kurang bersih. Yuk donasikan selimut, bantal, guling, dan lain sebagainya baik baru atau yang bekas layak pakai ke panti lansia.

Selimut atau alat perlengkapan tidur lainnya bisa menjadi pilihan hadiah ketika mengunjungi panti lansia
Sumber: Google Image/Romatex Home Textiles

Popok Dewasa

Tidak semua lansia yang tinggal di panti memiliki kemampuan untuk buang hajat di toilet. Ada pula lansia yang mengandalkan popok dewasa untuk menampung air seni dan kotoran karena tidak bisa bergerak bebas ke toilet. Kondisi ini dikarenakan berbagai alasan, salah satunya adalah kondisi tubuh yang lemah. Nah, untuk itu pastinya panti lansia sangat membutuhkan popok dewasa guna memenuhi kebutuhan lansia yang tak mampu ke toilet.

Untuk kalian yang berniat berkunjung ke panti lansia, jangan lupa membawa popok dewasa ya. Barang yang satu ini sangat diperlukan lho. Dengan tersedianya banyak popok dewasa, para lansia akan terbantu dan bisa lebih sering berganti popok ketika diperlukan. Tingkat kebersihan lansia pun meningkat dan berpengaruh terhadap kualitas kesehatan yang lebih baik.

Popok dewasa bisa menjadi pilihan tepat untuk disumbangkan ke panti lansia
Sumber: Google Image/Etsy

Alat Kerajinan

Beberapa lansia pasti masih bisa produktif dan memiliki waktu luang yang dimanfaatkan untuk menghasilkan karya. Untuk itu, kalian bisa menyumbangkan alat dan bahan kerajinan untuk mereka agar lebih produktif. Alternatif alat dan bahan tersebut bisa bermacam-macam. Kalian bisa membelikan perlengkapan untuk melukis, merajut, menganyam, dan bahan kerajinan lainnya.

Dengan tersedianya fasilitas yang mumpuni untuk mengembangkan bakat dan hobi para lansia tentunya akan berakibat baik untuk perkembangan fisik dan psikis mereka. Tak jarang lansia yang memang memiliki hobi dan kemampuan membuat kerajinan namun harapan mereka harus pupus karena di panti lansia bisa saja tidak bisa memberikan fasilitas tersebut. Maka dari itu, kalian bisa membawa alat kerajinan untuk diberikan ketika berkunjung ke panti lansia.

Menyumbang alat kerajinan bisa membuat lansia menjadi produktif
Sumber: Google Image/Knitculture.com

Obat-Obatan

Tubuh lansia yang renta membuat mereka rawan sakit, untuk itu, membelikan berbagai macam obat-obatan bisa menjadi alternatif ketika kalian akan berkunjung. Tidak perlu obat-obat yang aneh-aneh, jika kalian kurang cukup pengetahuan tentang indikasi obat, kalian bisa membawa obat-obatan yang digunakan hanya diluar area tubuh. Seperti minyak gosok, koyok, obat merah, pembalut luka, dan lain sebagainya. Selain tahan lama, obat-obatan seperti ini tentu sangat dibutuhkan oleh lansia.

Seiring bertambahnya usia, mereka akan lebih cepat merasa lelah dan letih. Bantuan dari kalian berupa minyak gosok dan koyok bisa membantu mereka meredakan rasa pegal setelah beraktivitas.

Berbagai macam obat luar bisa berguna di panti lansia
Sumber: Google Image/shoope.co.id

Nah, itu adalah sebagian kecil barang keperluan yang bisa kalian sumbangkan saat berkunjung ke panti lansia atau panti jompo. Jika kamu ingin membantu sesama tapi hanya ada uang pas-pasan, kamu bisa banget donasi di peduly.com. Mulai dari 10 ribu rupiah kamu sudah bisa menebar kebaikan dengan sesama. Yuk berdonasi.

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.