Sungguh Mulia, Inilah Komunitas Yang Banyak Membantu Kaum Difabel !

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh bantuan dari orang lain. Didalam kehidupan sosial yang kita tinggali, banyak sekali komunitas atau sekelompok orang yang mempunyai tujuan berbeda. Salah satunya adalah komunitas yang membantu kaum difabel. Komunitas ini bertujuan untuk mendampingi kaum difabel agar dapat percaya diri dan mampu menjalani hidupnya dengan lebih baik ditengah keterbatasan yang mereka miliki. Berikut daftar komunitas – komunitas hebat yang membantu para kaum difabel !

  1. Gerakan Peduli Disabilitas dan Lepra Indonesia
GPDLI merupakan gerakan yang berfokus membantu kaum disabilitas dan penyakit lepra.
http://www.pedulidisabilitas.org/?page_id=2

GPDLI merupakan suatu gerakan yang dibentuk pada tahun 2010. GPDLI dibentuk oleh para orang-orang yang peduli dan mempunyai visi bahaya penyakit kusta dan berbagai penyakit menular lainnya yang berpotensi untuk menimbulkan cacat tubuh atau disabilitas. Gerakan ini berfokus untuk memperhatikan dan memfasilitasi hak-hak kaum difabel yang mempunyai penyakit, khususnya lepra dan kusta. GPDLI sering melakukan galang dana ke berbagai tempat agar para kaum difabel yang terkena kusta dan lepra bisa mendapatkan bantuan secara maksimal dan dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya.

2. Yayasan Peduli Tuna Daksa (Kaki Palsu Online)

Yayasan Peduli Tuna Daksa berfokus kepada pembagian kaki dan tangan palsu bagi mereka yang membutuhkan.
https://kakipalsu.com/

Yayasan ini sebetulnya adalah anak dari Yayasan Sadhu Vasvani Center Jakarta yang berfokus terhadap pembagian kaki dan tangan palsu bagi mereka yang membutuhkan. Pembagian kaki dan tangan palsu (prostesa) ini bekerja sama dengan Jipur Foot India untuk dibagikan kepada kaum difabel yang terkena polio, kecelakaan, infeksi, dan diabetes. Yayasan ini pernah mendapatkan rekor membanggakan dari Museum Rekor Indonesia sebagai yayasan yang membagikan prostesa kepada penderita difabel yang kurang mampu sebanyak 12.982 pasang, terbanyak di Indonesia.

3. Yayasan Mitra Netra

Yayasan Mitra Netra menyelenggarakan acara bagi penyandang tuna netra.
https://mitranetra.or.id/

Yayasan Mitra Netra merupakan organisasi nirlaba yang berfokus kepada upaya peningkatan kualitas dan partisipasi tuna netra di bidang pendidikan dan lapangan kerja. Yayasan ini didirikan oleh sekelompok penyandang tuna netra yang berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi nya masing-masing. Mitra Netra bertujuan untuk memfasilitasi para penyandang tuna netra berpendidikan setinggi mungkin dan memberikan program lapangan kerja bagi kaum difabel yang dirasa kurang di negara kita ini.

4. Yayasan Peduli Kasih

Yayasan Peduli Kasih mengajak anak berkebutuhan khusus untuk berkunjung ke stasiun televisi TVRI.
https://www.ypedulikasihabk.org/2019/08/08/kunjungan-ke-tvri-televisi-milik-rakyat/

Yayasan Peduli Kasih dibentuk pada tahun 2012 yang berfokus kepada pemberdayaan keluarga anak berkebutuhan khusus secara gratis. Yayasan ini berbasis di Surabaya yang diprakasai oleh Dr. Sawitri Retno Hadiati, dr., MQHC bersama rekan-rekan yang lain untuk menginisiasi pembentukan rumah singgah untuk keluarga dengan ABK di Surabaya. Tujuan utama dari rumah singgah ini adalah mengajak keluarga dengan ABK untuk tidak bersembunyi dan membangun komunitas di mana keluarga dengan ABK dapat menemukan rumah.

5. Yayasan Peduli Anak Cacat (YPAC Jakarta)

Yayasan Pembinaan Anak Cacat merupakan yayasan yang sudah terbentuk sangat lama, yaitu pada tahun 1953. Yayasan ini dibentuk oleh alm. Prof Dr. Soeharso di Solo. Pada awalnya YPAC Jakarta menangani kasus-kasus Polio yang membumi pada saat itu, namun sejalan dengan perkembangan dan modernisasi ilmu kedokteran, terjadi peralihan ke arah Cerebral Palsy yang biasa kita sebut CP.
YPAC Jakarta merupakan suatu organisasi non-pemerintah, nirbala yang bersifat sosial, dengan berdasar pada azas bahwa setiap manusia mempunyai hak untuk mengembangkan pribadinya dan setiap manusia mempunyai kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap sesama manusia.

Dengan berbagai yayasan – yayasan diatas, mari kita berusaha membantu saudara- – saudara kita dengan cara ikut dan berpartisipasi kegiatan sosial khususnya yang membantu para saudara kita yang mempunyai disabilitas. Tetap sebarkan energi positif terhadap sesama, Semangat !

Content Writer For Peduly.com #KitaPeduli

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Sliding Sidebar

About Me

About Me

Peduly.com adalah platform crowdfunding untuk galang dana dan donasi. mari kita tolong menolong dalam kebaikan

Social Profiles

Facebook