Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Tak Hanya Flu , 4 Penyakit Ini Juga Dapat Menyerangmu Saat Musim Hujan

Akhir-akhir ini Indonesia kerapa diguyur hujan dengan waktu yang tak menentu. Jika tidak pandai menjaga kesehatan, kondisi tubuh kalian akan mudah tumbang dan kurang bersemangat dalam menjalani aktifitas. Namun, taukah kalian bahwa penyakit yang muncul saat musim hujan bukan hanya flu atau batuk, yuk simak ulasan dibawah ini agar kamu dapat mengantisipasinya

  • Diare

Diare adalah penyakit yang ditandai dengan encernya feses yang dikeluarkan serta frekuensi buang air besar yang lebih sering. Musim hujan dengan keadaan yang dingin ini kerap membuat kita mengalami penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

  • Demam Tifoid ( Tipes )

Penyakit kedua yang kerap dirasakan saat musim hujan adalah tipes. Tipes merupakan  infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri ini biasanya tersebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Gejala awal penyakit ini adalah demam tinggi, sakit perut, diare, batuk kering hingga tidak nafsu makan.

  • Demam Berdarah Dangue ( DBD )

Penyakit yang kerap muncul saat musim hujan selanjutnya adalah DBD, penyakit ini trgolong penyakit menular yang berasal dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Musim hujan juga ditandai dengan bertambahnya jumlah nyamuk yang muncul, sehingga jika kalian tidak rajin-rajin untuk membersihkan rumah kalian, penyakit ini kemungkinan akan kalian idap. DBD ditandai dengan demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala,serta mual dan muntah.

  • Leptospirosis

Penyakit musim hujan yang yang terakhir adalah leptospirosis yang merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut Leptospira interrogans. Di Indonesia penyakit ini disebut kencing tikus, karena penyakit ini muncul saat kalian sedang bermain air atau tanah yang sudah terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi bakteri leptospira interrogans. Penyakit ini ditandai dengan demam tinggi, mata merah, menggigil dan otot betis sakit.