Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Ternyata Ini Barang-Barang Yang Dibutuhkan Oleh Panti Asuhan. Penasaran? Cepet Simak Postingan Ini!

Postingan kali ini agaknya mirip dengan postingan sebelumnya mengenai cara membantu anak panti asuhan. Bedanya, pada postingan ini penulis tidak lagi memberi tips ke kamu mengenai cara membantu sesama, tetapi dalam postingan ini akan lebih bersifat informatif mengenai barang-barang yang sangat berguna yang ada atau harus dimiliki panti asuhan.

Panti asuhan yang didalamnya banyak terdapat anak-anak tentu saja memerlukan berbagai macam persediaan barang. Sayangnya, tidak semua panti asuhan memiliki fasilitas dan barang kebutuhan yang sesuai dengan jumlah penghuni panti. Maka dari itu, postingan ini akan mengulas barang-barang yang sangat diperlukan oleh panti asuhan, siapa tahu kamu bisa bantu.

1. Bahan-Bahan Makanan

Bahan makanan merupakan bahan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Bukan hanya kamu dan kita semua yang membutuhkan makan dan minum yang layak dengan persediaan yang cukup, para penghuni panti asuhan pun membutuhkannya juga. Panti asuhan dengan penghuni yang cukup banyak tentu saja membutuhkan persediaan bahan makanan yang cukup banyak juga.

Bisa dibayangkan kan bagaimana jadinya jika panti asuhan sampai kehabisan stok bahan makanan, tentunya akan membuat para penghuni panti dan para pengurusnya menjadi pusing tujuh keliling. Sangat pentingnya persediaan bahan makanan, biasanya panti asuhan akan menyediakan banyak stok makanan untuk menjadi santapan anak-anak penghuni panti. Untuk kamu yang ingin membantu, bisa banget kamu memberi sembako ke panti asuhan tujuanmu.

Bahan makanan memang menjadi kebutuhan siapa saja, tak terkecuali penghuni panti asuhan
Sumber: Pexels.com

2. Mainan Anak-Anak

Mainan anak-anak termasuk sesuatu yang penting dan harus ada di panti asuhan. Anak-anak penghuni panti butuh benda yang satu ini agar tidak bosan ketika berada di panti asuhan. Mainan untuk anak-anak ini sepatutnya disediakan dengan jumlah yang tidak sedikit agar anak panti tidak perlu berebut untuk memainkannya. Seringkali mainan yang ada di panti jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak semua mainan dalam kondisi baik.

Mainan-mainan ini tentu saja akan memberikan efek yang baik bagi perkembangan mental anak-anak panti. Suasana hati mereka tentunya akan lebih baik karena mereka bahagia. Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang menyenangkan. Kalau kamu berminat untuk membantu panti asuhan, pilihan ini tentunya akan pas untuk kamu pilih.

Tersedianya mainan anak-anak di panti asuhan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak panti
Sumber: Pexels.com

3. Perlengkapan Sekolah

Para anak panti yang masih bersekolah pastinya butuh banget yang namanya buku, bulpoin, pensil dan perlengkapan sekolah lainnya. Perlengkapan sekolah ini tentu bisa menunjang proses belajar mengajar mereka. Dengan memiliki perlengkapan sekolah yang memadai, tentu saja mereka akan lebih bersemangat untuk belajar di kelas maupun diluar kelas.

Tidak semua panti asuhan mampu menyediakan perlengkapan sekolah yang memadai bagi para penghuninya, hal ini menjadikan para anak panti terkadang memakai perlengkapan sekolah seadanya. Nah, kamu sudah tahu kan betapa berharganya 1 buku dan 1 pensil bagi anak-anak panti. Kan bisa tuh kalian berikan perlengkapan sekolah atau kuliahmu ke anak-anak panti. Hitung-hitung beramal.

Perlengkapan sekolah yang memadai akan meningkatkan kualitas belajar para anak panti
Sumber: Pexels.com

4. Pakaian

Hal satu ini juga merupakan kebutuhan mendasar selain bahan makanan. Pakaian bersih dan layak pakai sudah sepatutnya dapat dirasakan oleh para anak penghuni panti. Namun apa jadinya jika di panti tersebut kekurangan stok pakaian atau pakaian yang ada di panti kondisinya tidak seberapa layak? Tentu saja kasihan anak-anak lucu yang terpaksa mengenakan pakaian itu-itu saja.

Biasanya, pakaian yang dikenakan oleh anak panti asuhan adalah hasil donasi dari para orang-orang baik atau pihak lain. Tersedianya pakaian yang cukup akan membuat para anak-anak tersebut hidup lebih sehat karena pakaian yang bersih dan layak. Kalau kamu punya banyak pakaian dirumah, segera kirimkan ke panti asuhan pilihan kamu, ya.

Pakaian yang bersih dan bagus akan menambah keceriaan para anak panti asuhan
Sumber: Pexels.com

5. Peralatan Mandi

Mandi dengan air bersih tentu merupakan suatu hal yang menyenangkan dan mungkin tak ternilai harganya. Tetapi mandi dengan air bersih saja rasanya kurang cukup untuk membersihkan badan setelah seharian beraktivitas. Begitu pula dengan anak panti yang tentunya membutuhkan peralatan mandi yang cukup.

Para pengurus panti biasanya akan menyediakan peralatan mandi yang cukup untuk kebutuhan para anak-anak panti. Bagi kamu, tidak ada salahnya kan kalau kamu membantu menyediakan alat mandi bagi para anak-anak panti.

Sabun adalah salah satu kebutuhan mandi yang penting
Sumber: Pexels.com

6. Perlengkapan Bayi dan Balita

Panti asuhan tidak hanya dihuni oleh anak-anak saja. Biasanya, panti asuhan juga menampung bayi dan balita. Kebutuhan bayi dan balita tentu lebih rumit daripada anak-anak, ya. Kebutuhan mereka antara lain seperti bedak bayi, popok, minyak telon, makanan pendamping asi, susu formula dan lain sebagainya.

Harga kebutuhan bayi dan balita ini tentu saja tak murah, maka dari itu buat kamu bisa berkontribusi dengan membantu memenuhi perlengkapan bayi dan balita yang ada di panti asuhan. Terpenuhinya kebutuhan bayi dan balita dengan cukup akan membuat tumbuh kembang mereka menjadi lebih baik.

Perlengkapan untuk bayi dan balita tentu sangat penting bagi panti asuhan
Sumber: Pexels.com

Selain 6 perlengkapan diatas, sebenarnya masih banyak perlengkapan lain yang tentu saja tidak cukup jika disebutkan keseluruhan. Dengan mengetahui kebutuhan panti asuhan, mungkin kamu akan tergerak untuk membantu memenuhi kebutuhan panti untuk kesejahteraan anak-anak penghuninya.

Tidak harus di panti asuhan jika kamu ingin berdonasi. Di peduly.com, kamu pun bisa berdonasi tanpa harus melangkah keluar rumah. Cukup dengan telepon genggam, kamu bisa berdonasi mulai dari 10 ribu. Ayo coba donasi di peduly.

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.