Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Tidak Hanya Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental Juga Perlu Di Jaga. Perhatikan Caranya!

Banyak dari kita yang menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan fisik yang bugar. Tetapi, usaha untuk mendapatkan kesehatan fisik terkadang tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan mental. Padahal, keduanya adalah satu mata rantai yang tidak bisa dipisahkan. Ada hubungan yang saling berpengaruh antara kesehatan fisik dan kesehatan mental. Nah, postingan-postingan sebelumnya sudah pernah membahas tips sehat secara fisik. Postingan ini akan memberi wawasan bagaimana menjaga kesehatan mental. Ini lah tipsnya!

1. Berpikir Positif

Berpikir positif tentu membawa segudang manfaat untuk hidup kita sehari-hari. Begitupun dengan kesehatan mental, berpikir positi tentu berdampak baik bagi kesehatan mental kita. Berpikir positif dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan jauh dari berpikir yang berlebihan. Untuk memulai berpikir positif, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti tidak berlebihan dalam menanggapi sesuatu, selalu tenang, dan tidak mencemaskan segala yang belum tentu terjadi. Baiknya, kamu harus menjauhkan diri dari pemikiran yang buruk tentang hari-harimu. Jadi, mulai sekarang teruslah memiliki pikiran yang positif agar terhindar dari stress.

Biasakan selalu berpikir positif yang baik untuk kesehatan mental
Sumber: Pexels.com

2. Melakukan Hobi

Kamu tentu punya kesibukan harian bukan? Ada kalanya kamu merasa jenuh dengan aktivitasmu yang melelahkan itu. Sempatkan untuk melakukan hobi minimal 1 bulan sekali untuk kembali merefresh otak kamu. Jalankan apa yang kamu suka seperti menyanyi, berbelanja, wisata kuliner, atau hal lain yang membuat kamu bahagia. Dengan melakukan apa yang kamu suka, tentunya kamu akan jadi lebih bersemangat untuk kembali melanjutkan rutinitasmu. Kesehatan mentalmu akan semakin meningkat setelah melakukan hobi dengan senang hati.

Lakukan kegiatan yang kamu suka untuk kesehatan mentalmu
Sumber: Pexels.com

3. Berkumpul Dengan Orang Tercinta

Ketika kamu merasa jenuh atau bahkan stress terhadap segala aktivitasmu. Segeralah untuk mengambil jeda dan beristirahat sejenak. Pulihkan energimu dengan cara berkumpul dengan orang tercinta. Orang tercinta ini engga hanya pacar lho. Kamu bisa berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga maupun sahabat. Dengan melakukan obrolan ringan dan diselingi canda tawa, dijamin kamu akan merasa kembali segar dan siap untuk melanjutkan aktivitasmu. Kamu juga bisa mengadakan acara seperti pesta kecil-kecilan dengan mereka yang kamu sayangi. Mentalmu akan kembali kuat untuk menghadapi hidup sehari-hari.

Segarkan kembali pikiranmu dengan berkumpul dengan orang tersayang
Sumber: Pexels.com

4. Terima Diri Apa Adanya

Penerimaan terhadap diri sendiri akan berpengaruh pada kesehatan mental. Orang yang selalu merasa kurang puas dengan dirinya akan cenderung merasa was-was dan gelisah karena menganggap selalu ada yang kurang dari dalam dirinya. Berbeda dengan orang yang selalu menerima diri apa adanya. Mereka akan lebih tenang dan cenderung bahagia karena merasa bahwa apa yang ada dalam diri mereka sudah cukup dan tidak perlu lagi melihat apa yang diri orang lain miliki. Pastikan bahwa kamu sudah bisa menerima diri kamu apa adanya agar kamu menjalani hari dengan lebih santai tanpa pusing menginginkan apa yang ada pada diri orang lain.

Syukuri apa yang sudah kamu miliki, terutama kondisi diri kamu
Sumber: Verywell Mind

5. Berbagi

Berbagi dengan sesama bisa memperbaiki kesehatan mentalmu. Dengan berbagi kepada sesama, maka kamu akan bisa mensyukuri apa yang kamu punya. Kamu akan tersadar betapa masih banyak orang lain yang tidak lebih beruntung dari kamu. Kamu juga akan belajar berempati dengan sesama. Memberi bantuan kepada sesama tidak perlu dalam jumlah besar, tapi apabila kamu mampu tidak ada salahnya kamu membantu dengan jumlah besar. Untuk kamu yang ingin berbagi tapi cuma ada uang 10 ribu, jangan khawatir. Kamu bisa berdonasi di peduly.com secara online. Bantuan dari kamu nantinya akan tersalurkan ke orang yang membutuhkan.

Berbagi dengan sesama bisa meningkatkan kesehatan mental
Sumber: news.uchicago.edu

Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental selain 5 cara tersebut. Apapun itu caranya bisa kamu lakukan selagi cara tersebut mampu membuat mu menjadi pribadi yang lebih baik. Mulai sekarang yuk cek gaya hidup kita, apakah kita sudah melakukan pola hidup sehat secara fisik maupun mental.

Cindi Claudia
Saya merupakan manusia biasa seperti Anda semua. Walaupun biasa, saya terus berusaha untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya menjadi bagian dari Peduly.com yang berusaha membantu orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan uluran tangan dari kita.