Donasi di Peduly bisa mulai Rp100 rupiah lho!

Yuk Kenali 4 Kebiasaan Toxic Yang Tanpa Sadar Kamu Lakukan Setiap Hari

Sobat peduly, ternyata semakin banyak kesibukan yang kita jalani semakin berkurang juga kesadaran kita terhadap diri kita sendiri. Sadarkah kalian disela-sela banyaknya kegiatan yang kalian lakukan, kalian sering merasa tidak puas ? Atau kalian selalu merasa kurang dan ingin setingkat lebih tinggi dengan kompetitor kalian? Hal-hal seperti ini mungkin kita aggap sebagai perasaan biasa dalam sebuah rutinitas, namun jika kita biarkan , itu akan berdampak buruk untuk kesehatan kita dan akan membuat kita termasuk dalam kategori toxic people, yuk kenali 5 kebiasaan toxic yang tanpa sadar kamu lakukan setiap hari.

  • Selalu menyalahkan diri sendiri

Kebiasaan yang satu ini biasanya kita rasakan saat kita gagal mencapai target yang kita idam-idamkan. Kita sudah menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap project ini, namun hasilnya tidak sesuai yang kita inginkan. Sebenarnya, bukan target kita yang salah namun harapan dan ekspektasi yang terlalu memenuhi isi pikiran kita yang terlalu berlebihan. Jika perasaan seperti ini terus dilakukan, dapat membuat kita mengalami ketakutan dan kecemasan yang luar biasa untuk memulai project yang baru.

  • Membandingkan diri dengan orang lain

Satu kata yang dapat menggambarkan perasaan ini adalah Iri. Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain merupakan kebiasaan yang saat ini lebih sering kita rasakan, apalagi sejak maraknya media sosial. Pengguna media sosial yang suka memamerkan barang-barang dengan brand terkenal dapat memicu rasa tidak bersyukur pada pengguna lain, sebenarnya bukan hanya di dunia media sosial, di dunia nyata pun kalian pasti pernah mengalami nya,contohnya saat teman kita bercerita jika ia baru saja membeli laptop baru dengan harga yang cukup tinggi,pasti secara tidak sadar muncul perasaan “andai saja hidupku spertinya, pasti aku bisa membeli laptop yang setingkat dengan dia”.

  • Takut untuk bilang tidak

Kalau kebiasaan yang satu ini, pasti sering sekali kalian rasakan saat berada di lungkup pertemanan atau mungkin di dalam keluarga, biasanya perasaan seperti ini dirasakan sama orang-orang yang sering merasa nggak enakan sama orang lain. Padahal dengan berani bilang tidak terhadap hal yang nggak kamu suka, itu adalah salah satu cara untuk mencintai diri kamu sendiri. Bukannya bermaksud untuk tidak menghargai orang lain, namun jika kita tidak mulai untuk jujur terhadap diri sendiri, bagaimana orang lain akan tahu tentang apa yang tidak kita suka.

  • Merendahkan diri sendiri

Kebiasaan yang satu ini bisa kita hubungkan dengan perasaan selalu membandingkan diri dengan orang lain, mungkin bisa dibilang ini level 2 nya. Saat seseorang sudah sering membandingkan diri orang lain, otomatis dalam kesehariannya dia tidak pernah bersyukur atas hidupnya yang sekarang, dan yang paling parah saat perasaan ini tidak cepat disadarkan, lama kelamaan kita akan selalu terpaku pada satu orang yang selalu kita banggakan hidupnya tanpa pernah kita membanggakan diri kita sendiri.

Poin penting dalam menjalani segala aktifitas adalah bersyukur, kebanyakan orang selalu merasa hidupnya pantas untuk disyukuri saat dia sudah berhasil mencapai target yang dia inginkan dan mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya. Peliharalah selalu jiwa mu sebagimana kamu merawat harapan-harapan yang entah kapan akan terwujud. Have a nice monday!